Capaian Luar Biasa, Pendapatan Pajak di Kabupaten Minahasa Selatan Melampaui Target di Tahun 2023

26

Minsel, LiputanMetroNews – Dalam perkembangan yang menggembirakan bagi Kabupaten Minahasa Selatan, tingkat kesadaran dan kepatuhan pajak warganya telah menunjukkan hasil yang sangat positif. Hal ini tercermin dari capaian pendapatan daerah dari Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2) yang telah melampaui target yang ditetapkan untuk tahun 2023.

Menurut Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pemkab Minsel, Melky Manus melalui Kepala Bidang PBB dan BPHTB, Viane Mawey, pendapatan dari PBB-P2 untuk tahun 2023 telah mencapai Rp5,1 miliar, melampaui target sebesar Rp4,5 miliar. Hal ini menandai capaian sebesar 112,82 persen, sebuah prestasi yang dianggap “sangat luar biasa.”

Mawey menyoroti bahwa dalam dua tahun terakhir, terjadi pertumbuhan signifikan dalam pendapatan daerah dari pajak, dengan PBB sebagai salah satu kontributor utama. “Capaian kita selalu melampaui target dalam dua tahun terakhir, dan ini merupakan bukti nyata dari kesadaran pajak masyarakat,” ujar Mawey.

Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Selatan menyampaikan apresiasi tinggi kepada masyarakat yang telah menunjukkan kepatuhan dalam membayar PBB-P2. Pencapaian ini dianggap penting dan perlu dipertahankan untuk masa mendatang.

Mawey juga memberikan penghargaan khusus kepada para camat, lurah, dan Hukumtua, yang telah menjadi ujung tombak dalam proses pembayaran PBB-P2. “Kami selalu mencapai lebih dari 100 persen dalam pendapatan pajak PBB, dan hal ini tidak terlepas dari peran serta mereka,” tambahnya.

Dengan kesadaran pajak yang tinggi di kalangan masyarakat, Bappenda Pemkab Minsel berkomitmen untuk terus memperbaiki pelayanan dalam urusan pajak. Tujuannya adalah untuk memudahkan masyarakat wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya, sekaligus memastikan bahwa pendapatan dari pajak dapat dikembalikan lagi ke masyarakat dalam bentuk pembangunan dan layanan publik.

“Kesadaran masyarakat ini harus kita hargai dengan memberikan pelayanan terbaik. Kepercayaan ini adalah aset berharga dan kami berkomitmen untuk mempertahankan standar yang telah ditetapkan,” tutup Mawey. (JL)

Leave A Reply

Your email address will not be published.