Lonjakan Kunjungan Wisman ke Kota Tomohon pada 2023

7

Tomohon, yang dikenal sebagai Kota Bunga paling fenomenal di Bumi Nusantara, menyaksikan lonjakan signifikan dalam kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) pada tahun 2023. Menurut data yang dirilis, terjadi peningkatan hingga 208,48 persen dalam kunjungan Wisman dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Jumlah kunjungan Wisman pada tahun 2023 mencapai 31.734 orang, menandai penambahan sebanyak 16.513 Wisman dari total kunjungan pada tahun sebelumnya. Total kunjungan wisatawan ke Kota Tomohon pada tahun tersebut mencapai 517.019 orang, terdiri dari 31.734 Wisman dan 485.325 wisatawan Nusantara.

Kepopuleran Kota Tomohon sebagai destinasi wisata alam terbaik semakin diperkuat oleh strategi pengembangan yang digalakkan oleh Wali Kota Tomohon, Caroll Joram Azarias Senduk SH. Hal ini terbukti dengan meningkatnya kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Judhistira Siwu SE MSi, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Tomohon, menyatakan bahwa pencapaian ini sesuai dengan harapan Wali Kota Tomohon yang telah memberikan instruksi-instruksi strategis. Dia juga menekankan bahwa Pemkot Tomohon bekerja sama dengan Pemprov Sulut dan para pemangku kepentingan pariwisata untuk menjadikan Kota Tomohon sebagai kota MICE (Meeting, Incentive, Conference, dan Expo).

Siwu juga menambahkan bahwa ke depan, pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan citra Kota Tomohon sebagai destinasi wisata yang berkelas. “Kami masih memiliki banyak potensi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan hingga mencapai 1 juta wisatawan,” ujarnya.

Jod.Ke

Leave A Reply

Your email address will not be published.