KPU Minsel Selesaikan Coklit Data Pemilih 100% Lebih Cepat dari Target Nasional

 

Minsel, LiputanMetroNews- KPU Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) telah berhasil menyelesaikan proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk pemilihan 2024 dengan sangat efisien. Melalui petugas pemutahiran data pemilih (Pantarlih), mereka berhasil mencapai pencapaian 100% hanya dalam 11 hari, jauh lebih cepat dari target nasional.

Rapat evaluasi tahap I coklit yang berlangsung di Grand Kawanua Hotel Manado dari tanggal 2 hingga 4 Juli 2024 mengonfirmasi bahwa KPU Minsel adalah yang pertama di Indonesia dalam menyelesaikan coklit ini. Betty Epsilon Idroos dari KPU RI memberikan apresiasi atas prestasi ini, menggambarkannya sebagai “luar biasa”.

Fadli Munaische, Ketua Devisi Rendatin KPU Minsel, mengungkapkan bahwa target semula adalah satu bulan, tetapi mereka berhasil menuntaskan dalam 10 hari. Ini memberikan waktu lebih untuk evaluasi dan pengkroscekan data, memastikan akurasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang akan digunakan nantinya.

Tommy Moga, Ketua KPU Minsel, tidak lupa memberikan penghargaan kepada semua pihak terlibat, termasuk badan ad-hoc seperti PPK, PPS, dan PPDP yang turut serta dalam keberhasilan ini. Ia juga mengakui dukungan berjenjang dari KPU RI dan Pemerintah Provinsi yang mendukung kelancaran proses coklit ini.

Dengan pencapaian ini, KPU Minsel menunjukkan komitmen dan profesionalisme dalam mempersiapkan pemilihan 2024, dengan harapan proses selanjutnya dapat berjalan lancar menuju hari pemungutan suara. (JL)

Comments (0)
Add Comment